Daftar Isi

Popular posts

Ahmad Nadzar On Minggu, 16 Mei 2010

Ngahandeuleung, aya katineung.

Ngahandeuan aya kamelangang.

Daun pulus .. lalambaran ….

Tari Jaipong Rampak

Jaipong Rampak-indah menawan

Penggalan lagu tersebut masih melekat di ingatan saya seperti melekatnya keindahan tarian khas Sunda yaitu tari Jaipongan yang sewaktu saya masih di sekolah dasar cukup meledak dan menjadi fenomena di daerah Sunda khususnya. Pembicaraan tentang pagelaran tarian tersebut selalu terdengar sehingga pada saat itu saya sangat sering menyaksikan pertunjukan yang sangat menarik tersebut.

Tari Jaipong atau di sering kita sebut Jaipongan adalah sebuah genre seni tari yang lahir dari kreativitas seorang seniman asal Bandung, Gugum Gumbira. Perhatiannya pada kesenian rakyat yang salah satunya adalah Ketuk Tilu menjadikannya mengetahui dan mengenal betul perbendaharan pola-pola gerak tari tradisi yang ada pada Kliningan/Bajidoran atau Ketuk Tilu. Gerak-gerak bukaan, pencugan, nibakeun dan beberapa ragam gerak mincid dari beberapa kesenian di atas cukup memiliki inspirasi untuk mengembangkan tari atau kesenian yang dikenal dengan nama Jaipongan (wikipedia)

Cantik dan Luwes

Cantik dan Luwes

Daya tarik tarian tersebut bagi kaum muda selain gerakan yang dinamis dan tabuhan kendang membawa mereka ikut menggerakan tubuhnya untuk menari Jaipongan . Tarian yang memikat ini merupakan salah satu identitas kesenian Jawa Barat yang sering tampil pada acara- acara khusus dan besar sampai kenegaraan. Pengaruh tarian Jaipongan merambah sampai Jawa Tengan dan Jawa Timur , Bali bahkan Sumatra yang dikembangkan para senimandari luar Jawa Barat.

Penari Jaipongan terdiri dari Tunggal, rampak / kolosal

1. Rampak sejenis

2. Rampak berpasangan

3. Tunggal laki-laki dan tunggal perempuan

4. Berpasangan laki- laki / perempuan

Gendangnya mantap

Bunyi gendang menambah gairah

Diiringi oleh untaian musik bernada menghentak yang harmonis dengan gerakan tubuh sang penari, menjadikan Jaipong cukup nyaman untuk dinikmati keindahan tariannya. Adapun alat musik pengiring biasanya gabungan dari beberapa alat musik antara lain :

  1. Kendang
  2. Saron I, II
  3. Bonang
  4. Rincik
  5. Demung
  6. Rebab
  7. Kecrek
  8. Sinden
  9. Gong
  10. Juru alok
Memikat

Tari Jaipong nan memikat

Tata busana tari Jaipongan untuk kreasi baru biasanya berbeda dengan busana ketuk tilu untuk yang kreasi biasanya lebih glamor. Dengan tetap memakai pola tradisional seperti sinjang / celana panjang , kebaya / apok yang busananya lebih banyak ornamen sehingga terlihat megah tetapi lebih bebas bergerak . Seiring dengan perkembangan jaman dan tarian tersebut tari Jaipongan banyak ditampilkan pada arena terbuka secara kolosal dan juga tampil di Hotel berbintang serta dalam rangka penyambutan tamu- tamu asing dari berbagai belahan dunia.

Beberapa waktu yang lalu saya mencoba menemui seseorang yang sejak sekolah dasar sampai sekarang berumur 38 tahun masih konsisten melakukan dan memberikan bimbingan tari jaipong khususnya dan tari Sunda pada umumnya. Beliau adalah Ibu Nurlela.

Menurut Ibu Nurlela, biasa beliau dipanggil, Jaipong memang sudah tidak seheboh dulu. Namun di pelosok desa masih sering terlihat di beberapa acara khususnya pernikahan yang hiburannya menggelar tari Jaipong. Ada kebanggaan tersendiri bagi beberapa golongan jika dalam sebuah hajatan menggelar tarian ini.

Frekwensi pagelaran memang tidak sebanyak dulu, namun masih ada beberapa kontes tari Jaipong. Selain itu juga dipergunakan pula oleh beberapa instansi dalam melakukan sebuah kampanye seperti halnya keluarga berencana, sensus kependudukan sampai pada kampanye politik. “Hal ini karena bagi beberapa kalangan tarian ini masih diminati”, demikian papar penari yang juga mahir membawakan tarian klasik Sunda itu, yang pada tanggal 11 April 2010 ini akan menggelar tarian Jaipong tersebut di Semarang

Di daerah Sunda, lanjut beliau, masih banyak kelompok seni yang masih eksis. Dia sendiri saat ini tergabung dalam 10 kelompok seni sunda yang bertebaran di 3 kabupaten yaitu Tasikmalaya, Ciamis dan Bandung.

Semoga kelak tari Jaipong ini bisa kembali marak seperti era tahun 80 – 90an yang sempat booming.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments