Daftar Isi

Popular posts

Ahmad Nadzar On Kamis, 21 Januari 2010

(Foto: Daily Mail)

WASHINGTON - Seberapa baik performa seseorang dalam bermain game, rupanya dapat ditentukan berdasarkan ukuran wilayah tertentu pada otak.

Para ilmuwan dapat memprediksi performa pemain hanya dengan melihat struktur ukuran otak yang terkait dengan aktivitas belajar dan mengingat. Semakin besar ukuran wilayah otak ini, maka semakin baik pula kemampuan seseorang dalam bermain game.

"Ini adalah pertama kalinya kita bisa memperlihatkan bahwa volume wilayah otak ini bisa menjadi tolok ukur seberapa cepat seseorang mempelajari sebuah permainan," kata profesor bidang psikologi di University of Pittsburgh Kirk Erickson, seperti dikutip dari Live Science, Kamis (21/1/2010).

"Selain dimanfaatkan sebagai hiburan, video game juga kerap digunakan untuk keperluan edukasi atau pendidikan, termasuk mengajarkan karyawan baru dan melatih personel militer," tambah Erickson.

Erickson dan timnya menduga, terdapat wilayah spesifik pada otak yang berperan dalam perbedaan cara belajar. Dalam studinya, mereka memutuskan untuk fokus meneliti wilayah striatum, yaitu struktur otak yang tersembunyi di bagian dalam korteks otak besar. Striatum dinilai terlibat dalam aktivitas belajar dan mengingat, terutama dalam melakukan berbagai tugas yang membutuhkan keahlian motorik atau gerak seperti bermain video game atau mengendarai sepeda.

Studi ini melibatkan 36 mahasiswa, 26 orang di antaranya wanita dan 10 orang partisipan lainnya adalah pria. Para partisipan ini jarang memainkan game dan rata-rata bermain game kurang dari tiga jam seminggu dalam kurun waktu dua tahun terakhir. Mereka kemudian diminta untuk menjadi pemain game aktif dengan target bisa menguasai game yang diberikan tim peneliti dalam sesi selama 10 jam.

Setelah itu, otak mereka dipindai menggunakan magnetic resonance imaging (MRI). Pemindai ini memperlihatkan ukuran dua irisan striatum yang disebut caudate nucleus dan putamen menggambarkan seberapa baik kemampuan seorang pemain dalam memainkan sebuah game. (rah)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments